Kamis, 09 Desember 2010

Menurunkan Kolesterol dan Antioksidan dengan Teh

Kolesterol dalam tubuh seharusnya harus dimiliki oleh manusia. Karena kolesterol juga baik dalam tubuh. Tapi yang jadi masalah, kalau kadar kolesterol itu lebih dari yang seharusnya, jadi akan sebaliknya, bisa membahayakan tubuh. Naiknya kadar kolesterol mengakibatkan penyakit yang lebih serius lagi. Itu sebabnya seseorang harus menjaga kadar kolesterolnya supaya terus berimbang.
Sayangnya makanan yang banyak dijual atau dikonsumsi belakangan ini, malah bisa meningkatkan kadar kolesterol seseorang. Jadi, banyak orang - orang diusia muda rentan penyakit - penyakit yang disebabkan naiknya kadar kolesterol, diantaranya asam urat dan stroke.
Tapi jangan khawatir, asalkan ingin hidup sehat dan menjaga kolesterol tetap stabil, sehat bukan hal yang tidak mungkin. Kalau pun sudah diserang kolesterol, banyak obat - obatan tradisional tanpa efek samping yang bisa dikonsumsi. Mungkin salah satunya teh Rosella. Konon katanya, teh yang banyak tumbuh di China, India dan Taiwan ini salah satu obat mujarab untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.
Menurut studi yang dilakukan, komponen ekstrak Rosella sudah dibuktikan keampuhannya. Bukan cuma menurunkan kadar kolesterol saja, tetapi juga bisa mencegah penyakit jantung dan mengurangi antioksidan. Menurut seorang pakar, Dr. Chau-Jong Wang, komponen ekstrak Rosella sangat ampuh untuk mengurangi kadar kolesterol dan timbunan lemak yang ada dipembuluh darah.
Sementara British Heart Foundation mengungkapkan, kalau suatu kandungan antioksidan yang dimakan flavonoid bisa mengurangi kadar kolesterol jahat. Pernyataan dari peneliti dari Institute of Biochemistry and Biotechnology di Chung San Medical University, Yun Ching Chan, berbeda. Menurutnya, flavonoid hanya bisa sedikit mengurangi kadar kolesterol, pigmen dari Rosella yang dikeringkan sangat efektif untuk menghancurkan sel kanker (penelitiannya masih dilakukan hingga kini).
Jadi, apa cukup dengan teh Rosella maka kadar kolesterol seseorang menjadi stabil? Akan lebih baik jika didukung pula dengan berolahraga dan mengonsumsi makanan-makanan yang menyehatkan tubuh.

Sumber : Gaul Magazine

Tidak ada komentar:

Posting Komentar