Jumat, 13 Desember 2013

Jangan Mengikat Rambut Saat Basah!


Biasanya, karena terburu-buru wanita sering kali mengikat rambut saat masih basah. Kebiasaan ini adalah salah satu kebiasaan buruk yang wajib untuk dihindari. Mengikat rambut saat masih basah membuat rambut menjadi lembab dalam jangka waktu yang lama. Tidak hanya itu, mengikat rambut saat masih basah atau belum kering juga bisa menimbulkan berbagai masalah rambut. Rambut dalam keadaan basah sangat rentan dan rapuh.
          Inilah beberapa masalah rambut yang ditimulkan akibat mengikat rambut saat masih basah seperti dikutip dari Boldsky :
1.    Rambut rontok dan menipis
Mengikat rambut dengan bentuk ekor kuda saat masih basah dimana kondisi rambut sangat lemas dapat menyebabkan rambut rontok. Tak hanya itu, elastisitas karet rambut menarik rambut hingga ke akar tak hanya menyebabkan rambut patah tapi juga merusak akar rambut. Keadaan ini dapat menyebabkan penipisan rambut.
2.    Ketombe dan kulit kepala gatal
Mengikat rambut saat masih basah dapat menyebabkan timbulnya ketombe. Hal ini dikarenakan saat masih basah dan dalam keadaan terikat keadaan rambut menjadi lembab dan keringat di kulit kepala pun berkumpul, kulit kepala tak bisa bernapas dan menyebabkan kotoran rambut mudah untuk berkumpul dan berubah menjadi ketombe. Kotoran dan keringat yang berkumpul di kulit kepala menyebabkan kulit kepala lengket dan mudah gatal. Gatal pada kulit kepala juga bisa menyebabkan kulit kepala lecet akibat terus menggaruknya.
3.    Rambut bau
Walaupun rajin keramas, tapi rambut bisa tetap bau. Hal ini bisa jadi karena kamu suka mengikat rambut dalam keadaan yang belum kering benar. Rambut yang lembab dalam waktu yang lama akibat diikat dapat menyebabkannya bau.
4.    Rambut menjadi rapuh dan kehilangan kilau alami
Keadaan rambut yang paling rapuh adalah saat rambut masih dalam keadaan basah. Sering mengikat rambut dalam keadaan yang belum kering benar, membuat rambut tertekan dan tak dapat bernafas. Sehingga dapat menyebabkan keretakan pada partikel rambut dan membuat rambut mudah patah dan kehilangan kilau alaminya.


Sumber : Majalah Gaul

Tidak ada komentar:

Posting Komentar